Jumat, 18 November 2011

Orang yang Dimaafkan Allah karena Memaafkan Hamba – hamba Allah

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, Hudzaefah berkata, ‘ Aku telah mendengar Rasullulah bersabda, ‘Ada seorang laki – laki dari umat sebelum kalian yang didatangi oleh Malaikat maut untuk mencabut nyawanya. Dia ditanya, ‘Adakah kebaikan yang kamu lakukan?’ Dia menjawab, ‘Aku tidak tahu.’ Dikatakan kepadanya, ‘Lihatlah’ . Dia menjawab, ‘Aku tidak mengetahui apapun. Hanya saja, di dunia aku berjual beli dengan orang - orang dan membalas mereka. Lalu aku memberi kesempatan kepada orang yang mampu dan memaafkan orang yang kesulitan.’ Maka Allah memasukkan Surga.”

Isi dari hadis di atas adalah orang yang tidak punya amal salih manakala ditanya Malaikat maut. Dalam dagang khususnya hutang, orang ini memberi kelonggaran waktu pembayaran bagi mereka yang mampu hingga ia bisa membayarnya dan memaafkan orang yang dalam kesulitan. Hal ini dilakukannya supaya dengan harapan mendapat ampunan dari Allah. Dan Allah pun mengampuninya karena sifat pemaafnya dalam bermuamalah.
Sungguh menarik kisah ini dengan amal salih yang tidak ia punya tetapi bisa masuk surga hanya dengan amalan yang tidak disadari olehnya. Islam mengajarkan kegiatan muamalah seperti ini yang saling menguntungkan kedua belah pihak baik di dunia atau pun kelak di akhirat. Setidaknya di dunia mengajarkan kita untuk menjaga keberlangsungan silaturahmi dengan sesama, bukan kebalikannya yakni dengan memakai debit kolektor untuk menagih hitang bahkan secara paksa. Dan di akhirat demi Allah janji kebaikan itu pasti akan terbukti, Allah berfirman:
“Dan (jika orang berhutang itu) dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu sampai dia memperoleh kelapangan. Dan jika kamu menyedekahkan, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Dan takutlah pada hari (ketika) kamu dikembalikan pada Allah. Kemudian setiap orang diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang telah dilakukannya, dan mereka tidak dizalimi (dirugikan)”.(Al Baqarah 280-281)
Kebaikan bagi orang untuk memberi tempo pembayaran sudah dicontohkan dalam kisah tadi yakni ampunan Allah akan datang dan memberikan tempat surga baginya.

Allahualam bish showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar